6 Pantangan Sebagai Pedagang
29/09/22

Membuka usaha awalnya memang berat, walaupun sudah difasilitasi oleh kemudahan dari Alfamind dan ini adalah hal yang normal, apalagi bagi pemula. Namun kalau sudah dijalani, eh ternyata tidak mengerikan seperti yang ditakutkan. Tantangan pasti akan datang datang, terkadang membuat kesal sedih, hingga emosi. Sebagai pedagang ada baiknya kamu berdagang dengan baik dan benar, berikut ini adalah yang tidak boleh banget kamu lakuin ketika berdagang.

 

1. Berbohong / Menipu Pembeli

 

Bohong dalam jual beli dari sisi pedagang sangatlah luas artinya. Salah satu kebohongan yang harus dihindari adalah berbohong mengenai produk yang di jual, seperti orisinil produk, kemampuan produk, hingga melebih-lebihkan produk hingga diluar kemampuan produk itu sendiri.

 

2. Jangan susah dihubungi

 

Menjadi pelanggan seorang tenaga penjual yang susah dihubungi bisa menjadi sangat menyebalkan, apalagi saat mereka benar-benar sedang dibutuhkan. Selalu tersedia dan responsif setiap kali dibutuhkan akan menjadi nilai terbaik yang dimiliki seorang tenaga penjual.

 

3. Melayani pelanggan dengan tidak baik

 

Jangan pernah lupa dengan istilah pembeli adalah raja, itu artinya sebagai pedagang kita mempunyai kewajiban untuk melayani dengan baik. Bukan berarti apa-apa, dengan melayani pelanggan dengan baik tentunya bisa menambah kemungkinan dia akan membeli produk kita, atau bahkan bisa menjadi pelanggan setia.

 

4. Menyembunyikan Kekurangan Barang / Cacat Produk

 

Seorang pedagang hendaknya menjelaskan informasi yang rinci dan jelas mengenai suatu produk yang akan dibeli oleh pembeli.  Jangan sampai penjual diam saja ketika mengetahui ada hal yang tidak beres pada barang yang dijualnya.  Tentu pembeli akan kecewa jika di kemudian hari mengetahui bahwa barang yang dibelinya ternyata cacat atau tidak sempurna dari awal dibeli.  Ujung-ujungnya pedagang bisa dituntut ganti rugi oleh pembeli yang merasa tertipu telah membeli barang yang sudah cacat sejak awal dijual.

 

5. Memaksa Orang Membeli Barang Dagangan

 

Memaksakan kehendak pribadi kepada orang lain merupakan suatu perbuatan yang tidak terpuji.  Sama halnya dengan menjual barang secara paksa kepada orang lain adalah suatu hal yang tidak baik.  Biarlah orang lain yang datang kepada kita karena memang membutuhkan barang yang kita jual.  Bukan datang karena perasaan tidak enak kalau tidak membeli, sebagai suatu persyaratan, rasa kasihan / iba, karena hubungan baik yang terjalin selama ini, melakukan penjualan langsung secara brutal, dan lain sebagainya.

 

6. Jangan lepas tanggung jawab

 

Sederhananya seperti ini, jika kamu sudah menawarkan dagangan dan pembeli sudah selesai membayar sesuai kesepakatan, jangan sampai kamu lepas tanggung jawab yang harus kamu lakukan. Terutama mengirim barang sesuai orderan. Jika Pun ada masalah kamu harus bisa mengkomunikasikan dengan baik kepada pelanggan, sehingga antara pelanggan dan penjual tidak ada masalah lagi.



Itulah beberapa contoh perilaku atau perbuatan yang tidak boleh dilakukan oleh pedagang / penjual produk barang dan jasa.  Jika hal ini dilanggar tentu dapat mengakibatkan masalah dengan orang-orang yang membeli barang yang dijual.  Selain hal-hal di atas tentu masih ada banyak lagi hal-hal lain yang terlarang dilakukan oleh para pedagang / penjual.

PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk
UBM Tower / Alfa Tower
Jl. Jalur Sutera Barat Kav. 7-9 Alam Sutera,
Tangerang, Banten
INDONESIA

 

LANGGANAN PELANGGAN ALFACARE

 

 

IKUTI KAMI

 

 

Download Aplikasi Alfamind