Cara Memaksimalkan Katalog WhatsApp Bisnis Untuk Penjualan
18/07/22

Apa itu katalog WhatsApp Bisnis?

Tahukah kamu, jika WhatsApp Bisnis memiliki fitur katalog? Buat kamu Store Owner Alfamind sudah saatnya kami beralih ke WhatsApp Bisnis dan memaksimalkan fitur-fitur di dalamnya untuk mendukung jualan kamu. Salah satunya fitur katalog yang akan dibahas berikut ini.

Fitur katalog pada WhatsApp Bisnis sangat mudah digunakan. Dengan demikian jika ada yang ingin bertanya tentang produk kamu, kamu hanya perlu mengirim katalog kamu saja tanpa harus repot mengetik dan mencari gambar di smartphone kamu.

Cara membuat katalog WhatsApp Bisnis

1. Buka aplikasi Whatapp Bisnis

Sebelum kamu memulai untuk menggunakan WhatsApp Bisnis, pastikan kamu sudah menginstal WhatsApp Bisnis terlebih dahulu, atau pastikan aplikasi WhatsApp Bisnis yang terinstall adalah terbaru.

2. Pengaturan

Silakan masuk ke Setelan –> Pengaturan bisnis –> Katalog

Tombol pengaturan berada di pojok kanan atas (titik 3) pada aplikasi. Untuk lebih jelasnya lihat pada gambar berikut ini:

3. Membuat Katalog

Setelah masuk ke dalam menu katalog pilih menu “Tambah Item”

Pada tahap ini kamu wajib mengisi semua opsi yang ada, seperti foto produk, nama produk, harga dan yang tidak kalah penting adalah deskripsi.

Pastikan kamu mengisi data dengan benar, agar nantinya tidak ada kesalahan ketika katalog kamu gunakan kepada konsumen.

Cara Menggunakan Katalog WhatsApp Bisnis

Cara menggunakan WhatsApp katalog bisnis sangat mudah, kamu hanya perlu pilih menu tambahkan file pada bagian bawah tekan tombol tambahkan file -> lalu pilih katalog -> pilih katalog yang akan di kirim -> lalu kirim

Cara Memaksimalkan Katalog WhatsApp Bisnis

Saat ini kamu sudah memilliki katalog, kamu bisa menggunakannya untuk membantu transaksi bisnis kamu. Lalu bagaimana sih caranya agar kamu bisa memaksimalkanya? Ikuti tips berikut ini.

  1. Gunakan foto atau desain yang menarik dan jelas
    Hal yang paling di perhatikan oleh konsumen ketika melihat katalog kamu adalah foto atau tampilan produk kamu. Oleh karena itu gunakan foto atau desain yang terlihat menarik, agar konsumen kamu tertarik untuk membuka katalog kamu.

  2. Nama produk harus jelas
    Gunakan nama produk yang sesuai dengan produk yang kamu jual, misalkan Panciku squarepan atau Smartseal. Selain untuk penamaan barang yang tepat bisa mempermudah kamu untuk mencar katalog yang akan kamu kirim kepada konsumen.

  3. Deskripsi barang harus benar
    Dengan kamu memberi deskripsi yang benar, maka konsumen bisa mendapatkan informasi barang yang kamu jual dengan baik, tentunya hal ini akan berdampak pada keinginan konsumen untuk membeli produk kamu.

  4. Harga barang harus real
    Tulis harga barang yang benar, jangan lupa jika memerlukan ongkir kamu perlu memberikan informasi tersebut kepada customer kamu.

Sekian tips yang bisa kita bagi kali ini, nantikan tips — tips dari Alfamind lainnya ya.

 

PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk
UBM Tower / Alfa Tower
Jl. Jalur Sutera Barat Kav. 7-9 Alam Sutera,
Tangerang, Banten
INDONESIA

 

LANGGANAN PELANGGAN ALFACARE

 

 

IKUTI KAMI

 

 

Download Aplikasi Alfamind