Cara memberikan layanan terbaik
22/03/22

Coba deh bayangin kamu sebagai pembeli, terus yang menjual melayani kamu dengan enggak banget, pastinya kamu langsung jadi malas untuk membeli produknya kan? Nah dari situ kita tahu kalau pelayanan itu sangat penting dalam berbisnis. Ada yang bilang bahkan barang paling jelek pun bisa saja laku kalau kita bisa memberikan pelayanan yang sangat baik.

Untuk memaksimalkan layanan kamu jadi lebih baik lagi, kamu bisa banget nih memahami tips dari mindi berikut ini:

1. Pahami produk yang kamu jual
Pengetahuan yang luas tentang produk adalah keterampilan layanan pelanggan yang penting. Sebagai pebisnis kamu harus tahu kelebihan, cara penggunaan, dan menunjukkan kepada pelanggan bagaimana produk kamu dapat menguntungkan pembeli. Sehingga pada akhirnya mereka akan tertarik untuk membeli

 

2. Selalu bersikap baik

Bersikap baik dengan calon pembeli itu hal wajib dan tidak bisa ditawar lagi! Ketika melayani konsumen kamu wajib menggunakan nada yang baik dan juga pemilihan kata yang benar. Selain itu kamu juga bisa menggunakan gestur serta emoticon yang mendukung.

 

3. Bisa memecahkan masalah dengan baik

Adakalanya konsumen membutuhkan bantuan untuk menyelesaikan masalah mereka. Misalkan mereka bingung memilih rice cooker yang pas untuk penyintas diabetes. Dengan kasus seperti ini kamu bisa memberikan mereka solusi dengan menawarkan rice cooker low carbo. Terkadang konsumen juga memiliki masalah dalam memutuskan memilih diantara 2 produk, nah tugas kamu adalah memberikan masukan dan solusi terbaik dalam memilih produk yang mereka butuhkan.

4. Sigap dan cepat!
Nah ini dia sikap yang wajib kamu miliki, intinya jangan pernah membuat customer menunggu lama. Siapa sih yang ingin dilayani lama-lama? Perlu kamu ketahui diluar sana ada banyak pesaing yang bisa saja mengambil calon konsumen kamu, jika tidak kamu respon dengan cepat. Apapun yang terjadi responlah dengan cepat, minimal dengan membalas pesan pertama mereka.

 

5. Bersikap proaktif

 

Jangan sampai hanya pelanggan saja yang banyak berbicara, tetapi kamu juga. Tanyakan apa yang mereka butuhkan, dan tanyakan juga apa masalah mereka. Jika kamu mengetahui permasalahan dan yang mereka butuhkan kamu bisa memberikan solusi yang terbaik buat mereka.

Semua hal ini bergabung untuk menghasilkan layanan pelanggan yang baik. Hal ini akan membuat pelanggan kamu menjadi setia kepada kamu dan bisnis kamu, dan kamu akan mendapatkan reputasi yang baik.

PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk
UBM Tower / Alfa Tower
Jl. Jalur Sutera Barat Kav. 7-9 Alam Sutera,
Tangerang, Banten
INDONESIA

 

LANGGANAN PELANGGAN ALFACARE

 

 

IKUTI KAMI

 

 

Download Aplikasi Alfamind