Cara Sukses Menarik Pelanggan Kembali Ke Toko Kamu
30/12/22

Dalam berjualan termasuk dalam bisnis online memang ada fase di mana produk jualanmu tak selalu ramai dan kadang sepi pelanggan. Tak hanya menawarkan produk yang berkualitas, diperlukan cara dan strategi yang tepat untuk menarik dan mendatangkan pelanggan untuk membeli produk jualanmu. Seperti yang diketahui bahwa ada banyak hal yang mempengaruhi keputusan dalam membeli suatu produk secara online.

 

Jika pelanggan menyukai kunjungan mereka ke toko Anda, mereka akan berbagi pengalaman dengan orang lain. Promosi dari mulut ke mulut adalah salah satu cara sukses terbaik untuk merujuk kepada perkembangan bisnis yang Anda miliki, baik secara langsung atau melalui media sosial mereka. Tidak hanya pengikut mereka saja yang akan mengetahuinya, tetapi juga membuka peluang potensial untuk mendapatkan pelanggan baru.

 

Bagaimana cara paling efektif untuk menarik minat pelanggan agar berkunjung ke toko Anda di era digital saat ini? Simak beberapa tips berikut ini!

 

1. Berteman dengan pelanggan Anda

Kembali ke awal dan sebagai pengingat, betapa pentingnya menyambut pelanggan ketika mereka memasuki toko Anda. Pikirkan dengan baik tentang bagaimana Anda akan menyambut mereka, perlakuan mereka layaknya seperti teman dekat Anda sendiri, bahkan jika perlu perlakukan mereka dengan lebih baik lagi layaknya sebuah keluarga. Dengan demikian, pelanggan akan nyaman berada di dekat Anda, sehingga secara tidak langsung mereka akan memandang positif terhadap toko Anda.

 

2. Atur Susunan Tata Letak Setiap Produk di Toko Anda

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa menyentuh suatu barang meningkatkan kemungkinan untuk membeli produk tersebut, sehingga pemilik toko cenderung menaruh produk unggulannya agar lebih mudah dijangkau oleh calon pembeli. Dengan penataan yang nyaman, pelanggan jadi lebih mudah untuk memilih barang sehingga kemungkinan pelanggan kembali menjadi lebih besar.

3. Membuat pelanggan Anda merasa seperti di rumah sendiri

Jika Anda menganggap bahwa pelanggan adalah teman, Anda harus mempunyai rasa sopan santun layaknya seorang teman, mengapa demikian? Karena kunci utama pelanggan akan merasa nyaman ialah sopan santun dari Anda.

 

4. Lakukan sesuatu yang lebih untuk pelanggan

Ambil contoh sebuah department store ikonik dan mewah asal London, mereka memiliki filosofi di mana mereka tidak harus mengatakan “tidak” kepada para pelanggan. Mereka berusaha semaksimal mungkin untuk mengerti dan memenuhi permintaan pelanggan, semua akan mereka lakukan demi memenuhi kenyamanan pelanggan terhadap toko mereka. Meski permintaan-permintaan dari pelanggan sangat aneh dan tidak masuk akal, mereka tetap semaksimal mungkin akan memenuhinya.

 

5. Jangan segera mengakhiri transaksi, namun buat lah kesempatan untuk pertemuan selanjutnya

Tidak cukup hanya berteman pelanggan. Namun pada saat Anda akan mengakhiri transaksi, Anda diharuskan belajar lebih beberapa hal tentang pelanggan Anda dan memberikan mereka informasi lebih tentang toko Anda atau merek produk yang Anda tawarkan.

Jelaskan kepada mereka bahwa pelayanan Anda tidak berhenti sampai transaksi berakhir di kasir. Pelayanan Anda akan terus berlangsung ketika mereka kembali menginjakkan kaki di toko Anda dengan menawarkan rekomendasi-rekomendasi produk yang mungkin dibutuhkan.

 

Pelayanan seperti ini akan membuat pelanggan merasa sangat nyaman dan betah untuk menghabiskan waktu yang cukup lama di toko Anda.

Anda dapat membangun sebuah hubungan yang baik agar mereka dapat mempercayai Anda, layaknya mereka mempercayai teman mereka sendiri.

 

 

 

PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk
UBM Tower / Alfa Tower
Jl. Jalur Sutera Barat Kav. 7-9 Alam Sutera,
Tangerang, Banten
INDONESIA

 

LANGGANAN PELANGGAN ALFACARE

 

 

IKUTI KAMI

 

 

Download Aplikasi Alfamind