Lebih enak jualan Online atau Offline?
26/08/22

Seperti yang kamu ketahui saat ini ada dua tipe cara berjualan, yaitu secara online dan offline. Walaupun untuk saat ini metode berjualan secara online itu lagi marak-maraknya bukan berarti berjualan secara offline itu harus ditinggalkan loh.

Agar kamu bisa memahami kenapa sih jualan offline itu tidak boleh dianggap remeh, kamu wajib tahu kelebihan jualan offline dan online berikut ini

Kelebihan 

 

Kelebihan dari jualan online:

  1. Biaya awal yang jauh lebih terjangkau dibandingkan dengan membuat toko fisik tradisional.

  2. Tanpa harus dipusingkan dengan biaya sewa dan mengisi kantor dengan furnitur, kamu bisa segera memulai bisnis dan melakukan penjualan.

  3. Customer bisa menikmati kenyamanan dan kemudahan berbelanja melalui eCommerce, yang bisa dilakukan tanpa batasan tempat atau waktu.

  4. Semua interaksi antara customer dan toko online juga dilacak dan dievaluasi secara akurat untuk perbaikan strategi marketing yang lebih efektif di masa depan.

Kelebihan jualan offline:

Saat belanja pastinya kita ingin melihat langsung produk yang ingin kita beli. Mulai dari melihat bentuknya secara langsung hingga mencobanya. Nah ini dia kelebihan offline yang gak akan bisa didapatkan dari berjualan secara online. Selain itu juga bisa lebih leluasa untuk menciptakan pengalaman belanja yang berkesan bagi customer, toko fisik juga bisa jadi ruang yang sangat efektif untuk membangun citra brand dengan lebih ekspresif dan kreatif. Apalagi kalau letaknya di lokasi yang strategis, orang bisa segera mengetahui keberadaan bisnis kamu tanpa perlu mengeluarkan banyak biaya untuk marketing.

Kekurangan

 

Kekurangan dari jualan online:

  1. Biaya yang cukup banyak untuk membangun citra brand dan menarik perhatian customer ke toko online.

  2. Investasi waktu dan tenaga yang harus dikeluarkan untuk menjalankan effort marketing, supaya lebih banyak calon pembeli potensial yang mengetahui keberadaan toko online kamu.

  3.  Saat berjualan secara online tanpa bertatap muka, sudah pasti akan ada kesulitan untuk membangun kedekatan dengan customer.

  4. Perlu usaha lebih untuk meyakinkan customer kalau toko online kamu kredibel dan terpercaya.

Kekurangan dari jualan offline:

  1. Salah memilih lokasi toko bisa membuat customer enggan datang, sehingga bisnis jadi sulit berkembang.

  2. Untuk bisa punya toko fisik di lokasi yang strategis, biaya awal yang harus dikeluarkan bisa lumayan menguras tabungan.

  3. Ada biaya operasional bulanan untuk listrik, air, dan perawatan yang harus dianggarkan dengan cermat, supaya cash flow bisnis tidak terhambat.

  4. Harus selalu waspada dengan kemunculan toko saingan di area yang sama.

Lalu mana yang paling baik untuk dilakukan???
Jawabannya adalah dua-duanya!

Kombinasi jualan online dan offline seperti ini sudah sangat wajar, berawal dari orang jualan offline yang ingin jualan online dan pada akhirnya mereka berhasil menjalankan dua-duanya. Sebagai contoh orang yang punya toko sepatu. Dengan mengupload produk yang mereka jual di berbagai media penjualan online, tentunya dapat meningkatkan potensi penjualan produk tersebut.

Sebagai store owner memang Alfamind mempermudah kamu untuk berjualan secara online, tetapi jika kamu lebih jeli ada beberapa SO yang berhasil melakukan penjualan lebih besar jika melakukannya bersamaan. Jadi untuk kamu yang saat ini memiliki beberapa produk Alfamind tidak ada salahnya kamu mulai memamerkannya kepada seluruh orang yang kamu kenal. Dengan begitu calon konsumen dapat melihat produk secara langsung.

Pada akhirnya mau jualan online maupun offline yang intinya kamu harus rajin menawarkan produk yang kamu jual dan pastinya jangan pernah cepat menyerah. SEMANGAAAT!!!

 

 

PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk
UBM Tower / Alfa Tower
Jl. Jalur Sutera Barat Kav. 7-9 Alam Sutera,
Tangerang, Banten
INDONESIA

 

LANGGANAN PELANGGAN ALFACARE

 

 

IKUTI KAMI

 

 

Download Aplikasi ALfamind