Kenapa jualan kamu sepi?
29/09/22

Zaman sekarang siapa sih yang gak mau nyobain bisnis? Apalagi sekarang ada banyak media bisnis untuk berjualan terutama secara online. Alfamind adalah salah satu media terbaik kamu untuk memulai bisnis, selain cara daftar yang mudah, modal minim, dan menjalankannya gak ribet banget. Sudah banyak Store Owner Alfamind yang berhasil mencapai omset yang tidak sedikit, ada pulang sampai stok barang. Namanya bisnis pasti ada pasang dan surutnya, ada kalanya mudah banget dapat konsumen ada pula saat-saat kamu harus berusaha keras untuk mendapatkan pelanggan, apalagi yang baru memulai.

Sepinya toko kamu pastinya memiliki alasan dan berbagai faktor, dan faktor-faktor ini lah yang wajib banget kamu ketahui, untuk diperbaiki nantinya. Simak beberapa faktor berikut yang bisa jadi merupakan alasan kenapa sepi pembeli. 

 

Promosi yang kurang maksimal

Jualan tanpa promosi itu ibarat kamu ingin orang tau isi pikiran mu tanpa harus mengatakan apa-apa. Secara logika bagaimana orang mau beli jika konsumen kamu saja tidak mengetahui kalau kamu jualan? Susah kan. Saat ini diera sosmed sudah tidak ada alasan lagi bagi kamu untuk mengeluh kalau promosikan bisnis itu susah. Ada banyak cara promosikan bisnis kamu, cara yang paling mudah adalah melalui sosmed, seperti posting atau update story produk yang kamu jual. Pastinya tidak mungkin dong tidak ada yang melihat, walaupun pada akhirnya tidak mungkin 100% ada yang beli, tetapi setidaknya mereka bisa tahu bisnis kamu.

Jika kamu merasa sudah berusaha promosi kemana-mana tetapi belum ada yang nyantol juga, itu berarti kamu perlu evaluasi lagi cara promosi yang dilakukan. Seperti memilih target yang lebih spesific sesuai produk yang kamu jual atau memilih produk menyesuaikan target yang sudah kamu punya.

Pelayanan yang kurang memuaskan

Selain produk yang paling penting didalam sebuah bisnis adalah pelayanan. Ibaratnya mau sebagus apapun produk yang kamu jual, jika pelayanan kamu tidak maksimal tentunya kamu bisa kehilangan banyak pelanggan. Namun sebaliknya jika pelayanan kamu sangat memuaskan, itu bisa membuat konsumen kamu melakukan transaksi untuk kedua kalinya atau lebih, bahkan bisa saja pelayanan kamu kamu mendapatkan pelanggan baru dari testimoni pelanggan-pelanggan sebelumnya.

 

Oleh karena itu pelayanan itu penting banget, mulai dari sapaan, pemilihan kata yang digunakan, hingga effort lebih untuk pelanggan.

 

Target yang tidak sesuai

Pernah nggak sih kamu berfikir kalau produk kamu itu bagus banget, tetapi kok nggak ada yang tertarik membeli padahal kamu sudah berusaha menyebar kemana-mana? Bisa jadi target dari produk kamu itu tidak sesuai. Misalkan produk yang dijual adalah oven, lalu kamu share kepada orang-orang yang tidak membutuhkannya, tentu saja tidak akan ada yang beli. Ini lah pentingnya memahami produk, oven adalah alat yang jarang digunakan oleh kalangan menengah kebawah, kebanyakan orang yang menggunakan oven adalah kalangan atas, jadi jika kamu share ke kalangan yang tidak oas pastinya susah sekali untuk mendapatkan konsumen.

Ada baiknya kamu memetakan antara produk yang kamu jual dengan kalangan konsumen yang kamu incar. Misalkan kalangan menengah bawah biasanya itu membutuhkan produk yang murah dan alat-alat yang harganya dibawah kisaran 500rb, beda lagi jika kamu mempunya konsumen kalangan atas, kamu bisa bebas menjual berbagai produk tanpa harus ragu kemahalan.

 

Membaca kebutuhan pasar

Apa sih membaca kebutuhan pasar? Membaca kebutuhan pasar itu berarti kamu harus update informasi tentang apa yang sekarang sedang orang butuhkan dan bicarakan. Misalkan saat ini adalah momen natal dan lebaran, nah disaat ini lah orang-orang membutuhkan berbagai alat masak terutama kue seperti oven, cetakan kue, loyang dll. Jika saat ini sedang musim hujan, kamu bisa menjual peralatan untuk mengatasi kehujanan seperti payung, jas hujan, alat pengering, vitamin dll.

 

Itu dia alasan kenapa jualan kamu sepi pembeli.

PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk
UBM Tower / Alfa Tower
Jl. Jalur Sutera Barat Kav. 7-9 Alam Sutera,
Tangerang, Banten
INDONESIA

 

LANGGANAN PELANGGAN ALFACARE

 

 

IKUTI KAMI

 

 

Download Aplikasi Alfamind