Pelajari Hal Berikut Sebelum Menjual Suatu Produk
18/07/22

Jualan. Bagi sebagian orang kata tersebut merupakan hal yang cukup sulit untuk dilakukan. Tapi, ibarat bermain sebuah game di smartphone, semua akan menjadi bisa bahkan terbiasa jika kita terus berlatih melakukannya.

Namun sebelum terjun ke ‘medan perang’ tetap ada persiapan yang harus dilakukan. Hal-hal berikut bisa Sobat lakukan sebagai persiapan sebelum mulai berjualan. Beberapa hal bahkan wajib untuk dilakukan sebagai seorang penjual.

1. Pahami produk yang kamu jual

Sebagai seorang penjual, sudah sepantasnya kamu memahami produk yang akan dijual. Sebisa mungkin pahami secara detail produk yang kamu jual, mulai dari harga, ukuran, kelebihan dan kekurangan. Hal ini dilakukan agar ketika kamu sedang menawarkan produk, bisa dengan lancar menjelaskan produk yang di jual.

2. Survei harga di tempat lain

Selain kelebihan produk, salah satu yang bisa kamu tunjukkan ketika menawarkan produk adalah harga produk itu sendiri. Agar kompetitif, pastikan harga yang kamu beri tidak berbeda jauh dengan harga di pasaran, bahkan kalau bisa lebih murah.

3. Cari calon konsumen yang menjanjikan

Ada banyak jenis calon konsumen yang bisa kamu tawarkan. Nah untuk mempermudah, cobalah memilah calon konsumen sesuai dengan produk yang dijual. Misalkan berdasarkan umur, pekerjaan, domisili, hobi dan kebutuhan. Dengan memilah calon konsumen, kamu bisa melihat konsumen mana saja yang memiliki potensi untuk membeli produk.

4. Gunakan bahasa yang menarik; basa basi itu penting

Komunikasi adalah kunci. Seorang penjual harus bisa berkomunikasi yang baik dengan konsumen. Awali dengan salam hangat ketika memulai percakapan seperti “Selamat pagi”, “Halo”, “Hai Bunda”. Siapkan topik pembicaraan yang menarik atau fresh lainnya jika terjadi kecanggungan saat berkomunikasi. Sangat diperlukan untuk menyesuaikan gaya bahasa dengan calon konsumen kita agar lebih ‘nyambung’. Yang terpenting adalah, tahu kapan harus terus menawarkan dan harus berhenti dan jangan lupa selalu ucapkan terima kasih atas waktu yang telah diberikan.

5. Pilih waktu yang tepat

Sebelum menawarkan barang pilihlah waktu yang tepat untuk menawarkan produk kepada konsumen terutama untuk penawaran produk secara langsung. Ada waktu dimana calon customer sedang sibuk atau tidak ingin diganggu, untuk lebih amannya kamu bisa memilih waktu kosong seperti ketika jam makan siang 12:00–13:00, waktu santai di sore hari 15.30–17:00 , atau waktu santai ketika di malam hari 19:00–21:00.

Boleh saja kamu sering menawarkan produk, tetapi pastikan juga jangan terlalu berlebihan. Memposting story atau feed setiap hari di sosmed kamu itu hal yang wajib kamu lakukan, namun berbeda lagi jika kamu menawarkan produk secara langsung, pastikan memberikan jarak waktu sehingga tidak mengganggu.

6. Tahu kapan harus terus menawarkan dan harus berhenti

Ketika menawarkan produk pahami juga respon dari calon konsumen kamu. Jika calon konsumen merespon dengan baik, maka berikan pelayanan terbaik. Namun jika reaksi mereka terlihat sudah mulai merasa risih atau respon mereka tidak enak, segeralah berhenti menawarkan dan jangan lupa ucapkan terima kasih.

Menawarkan produk memang susah — susah gampang, selain terus berusaha dan pantang menyerah, terus belajar dari kegagalan dan selalu melakukan evaluasi atas cara-cara yang telah dilakukan adalah kunci keberhasilan di masa depan. Semangat ya Sobat!

 

PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk
UBM Tower / Alfa Tower
Jl. Jalur Sutera Barat Kav. 7-9 Alam Sutera,
Tangerang, Banten
INDONESIA

 

LANGGANAN PELANGGAN ALFACARE

 

 

IKUTI KAMI

 

 

Download Aplikasi ALfamind