Cara meningkatkan percaya diri dalam memulai usaha
30/09/22

Banyak orang bermimpi unutk menjadi pengusaha atau pebisnis besar dan sukses. Tapi hanya sebagian kecil yang benar-benar bisa mewujudkan mimpinya tersebut. Karena memang merintis dan mengelola usaha sendiri, tidaklah semudah yang dibayangkan oleh banyak orang. Setuju?

Selain harus memiliki modal dan persiapan yang matang, mentalpun harus disiapkan agar  tahan banting dalam menghadapi setiap masalah yang akan datang. Inilah yang masih menjadi keresahan banyak orang untuk mengambil resiko tersebut untuk menjadi entrepreneur.

Tidak dipungkiri bahwa memang rasa khawatir akan selalu ada pada saat-saat tertentu, seperti perasaan tidak percaya diri akan usaha atau yang akan dijalani akan berhasil. Padahal percaya diri sendiri berada pada posisi pertama sebagai karakter yang harus dimiliki oleh seorang entrepreneur. Kepercayaan diri adalah sikap yakin akan kemampuan diri sendiri terhadap pencapaian, keinginan, dan harapannya.

Hasil usaha dari seseorang tergantung kepada besarnya kepercayaan diri. Semakin besar rasa percaya diri, semakin bagus pula yang dihasilkan. Dengan kepercayaan diri, diharapkan seseorang akan menghasilkan kesuksesan, karena karakter ini menghasilkan pribadi yang tidak takut gagal, tidak mudah putus asa, dan akan selalu merasa bahwa dirinya mampu serta tidak ragu-ragu dalam memecahkan masalah.

Ada tips untuk mengasah rasa percaya diri kamu nih, Sobat! 

1. Hilangkan semua hal negatif dari pikiran

Berpikir positif dan singkirkan segala sesuatu yang membuat kamu tidak nyaman. Dengan berpikir positif, kamu bisa membuat perasaanmu menjadi lebih nyaman sehingga dapat mengerjakan pekerjaan dengan baik.

 

Dikutip dari verrywellmind.com, berpikir positif tidak selalu berarti kamu harus menghindari atau mengabaikan hal-hal buruk. Alih-alih, mengkhawatirkan hal tersebut, kamu dapat memanfaatkan situasi yang berpotensi buruk dengan mencoba melihat sisi yang terbaik dari sebuah masalah. 

 

2. Hindari terlalu fokus pada apa yang orang lain pikirkan

Jangan buang-buang energi untuk betanya-tanya atau mengkhawatirkan pandangan orang lain. Fokuskan energimu untuk hal yang lebih penting, seperti menyelesaikan pekerjaan atau mempelajari kemampuan baru. 

Tapi bukan berarti kamu harus menjadi cuek dan tidak peduli. Kamu juga harus memperdulikan hal-hal sekitar terutama tindakanmu yang berdampak pada orang-orang terdekat, misalnya dalam hubungan pertemanan. Kamu dapat menerima pendapat mereka dalam artian sebagai hal yang positif, seperti dukungan dan pujian.

3. Berhenti Membandingkan Diri

Membandingkan diri sendiri dengan orang lain bisa membunuh kepercayaan diri kamu sendiri. Harus diingat bahwa prestasi orang lain tidak menentukan potensi kita. Mereka juga tidak mengukur definisi kesuksesan pribadi kita. Be yourself!

4. Identifikasi kelebihan dan kekurangan

Kenali dirimu sendiri dan cari tahu apa kekurangan dan kelebihanmu. Karena tidak ada yang lebih mengenalmu dari dirimu sendiri. Langkah yang bisa kamu lakukan untuk mengidentifkasi hal tersebut adalah:

  • Lakukan tes mandiri.

  • Bagi dalam beberapa konteks misalnya kebijaksanaan, kegigihan, kreativitas, penyesuaian diri, aktivitas (pekerjaan).

  • Beri nilai seberapa dekat kesesuaian dengan konteks tersebut.

  • Jika kamu kurang yakin, konsultasikan dengan orang terdekat atau ahli.

  • Kamu juga bisa melakukan tes secara online.

5. Tetaplah Berusaha 

Tidak ada yang salah dengan rasa takut. Ini dapat membantu kita untuk lebih berhati-hati memperhitungkan setiap masalah yang mungkin akan terjadi, tapi jika kita terlalu memikirkan hal-hal negatif dan meyakinkan diri sendiri bahwa kita tidak mampu atau tidak layak untuk mencapai tujuan. Maka kita perlu meyakinkan pada diri sendiri untuk tetap tenang dan terus berusaha.

 

 

 

 



PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk
UBM Tower / Alfa Tower
Jl. Jalur Sutera Barat Kav. 7-9 Alam Sutera,
Tangerang, Banten
INDONESIA

 

LANGGANAN PELANGGAN ALFACARE

 

 

IKUTI KAMI

 

 

Download Aplikasi Alfamind