World of mouth
27/09/22

Sobat pernah dengan istilah world of mouth belum? Word of mouth mommunication (WOM) atau dalam bahasa indonesia di artikan komunikasi dari mulut ke mulut merupakan proses komunikasi yang berupa pemberian rekomendasi baik secara individu maupun kelompok terhadap suatu produk atau jasa yang bertujuan untuk memberikan informasi secara personal.

 

Gimana? Terdengear tidak asing kan. Tanpa kita sadari, sebenarnya strategi ini sudah sering banget kita terapkan di dalam kehidupan sehari-hari. Misalkan suatu hari ibu siti membeli gorengan di tempat pak hasan yang baru buka. Setelah mencoba gorengan pak hasan, busiti merasa kalau gorengan pak hasan itu lebih enak dibandingkan dengan gorengan yang lain. Akhirnya bu situ mulai membicarakan gorengan pak hasan keseluruh tetangga komplek. Word of mouth (WOW) dapat berupa komentar atau rekomendasi yang disebarkan pelanggan berdasarkan pengalaman yang diterimannya, memiliki pengaruh yang kuat terhadap pengambilan keputusan yang dilakukan oleh pihak lain.

 

Di zaman sekarang yang serba online dan kemudahan kita untuk membuat ads dimedia sosial tidak membuat metode ini menjadi lantas ketinggalan zaman dan tidak digunakan lagi. Alasan penggunaan Word of mouth begitu kuat karena hal-hal sebagai berikut:

1. Orang menyukai produk yang dikonsumsinya. Karena mereka suka, para konsumen akan tertarik untuk membahas produk tersebut. Hal ini menjadi alasan untuk diri mereka berbicara mengenai produk yang dikonsumsinya. 

2. Orang-orang merasa baik saat bisa berbicara dengan sesamanya. Pembicaraan mengenai WOM tidak hanya sebatas fitur dari produk namun lebih ke masalah emosi. Saat melakukan WOM, orang bisa terlihat lebih pintar, membantu orang lain, dan merasa dirinya menjadi penting. 

3. Komunikasi WOM membuat orang merasa terhubung dalam suatu kelompok. Membicarakan produk yang digunakan dalam kelompok tersebut akan membuat orang merasa dalam suatu kelompok yang sama. Keinginan untuk menjadi bagian dari kelompok ini yang mendorong orang melakukan WOM.

 

Jadi pada dasarnya metode ini sangat efektif untuk kamu gunakan. Sisanya tergantung bagaimana kamu bisa memancing orang untuk mulai membicarakan produk atau jasa yang kamu tawarkan.

 

PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk
UBM Tower / Alfa Tower
Jl. Jalur Sutera Barat Kav. 7-9 Alam Sutera,
Tangerang, Banten
INDONESIA

 

LANGGANAN PELANGGAN ALFACARE

 

 

IKUTI KAMI

 

 

Download Aplikasi Alfamind