01/10/2020



Bingung Mau Jualan Apa?

Pertanyaan ini  pasti pernah terlintas atau bahkan sering muncul dipikiran kita. Buat kamu yang sudah menjadi Store Owner Alfamind pasti tahu, di Alfamind tersedia banyak produk yang siap dijual. Jadi mau fokus jualan apa?Atau jualan semua saja?

Dalam dunia jual-menjual ada dikenal istilah General Store dan Niche Store. Jika kamu pernah membuka e-commerce yang umum, mereka pastinya menawarkan beragam variasi produk yang sangat luas. Itu dapat dikatakan sebagai General Store. Sedangkan Niche Store adalah toko yang lebih menjual spesifik, dimana kita sebagai penjual sudah menentukan ‘ceruk’ yang ingin disasar.

Sebagai permulaan menjual segala jenis produk bisa menjadi awal. Tapi seiring berjalannya usaha, merubah model toko menjual produk yang lebih spesifik juga dapat dipertimbangkan.

Salah satu hal yang paling utama adalah pasar. Pasar yang terlalu luas membuat kamu akan kesulitan mendapatkan konsumen, karena konsumen sangat mudah menemukan barang yang serupa dengan yang kamu jual di tempat lain. Tentunya akan banyak pertimbangan kenapa mereka akhirnya memutuskan untuk membelinya di toko kamu.

Hal ini berbeda jika kamu menjual spesifik produk. Calon konsumen akan lebih mudah untuk membeli karena memang benar itu yang dibutuhkan.

Tambah bingung?Hehe, mungkin sebelum kamu melangkah kesana bisa disimak hal-hal berikut yang bisa menjadi pertimbangan ketika mau mulai menjual suatu produk.

 

Produk yang bisa dikuasai dengan mudah

Ya, ini pertimbangan awal dalam menentukan produk apa yang mau dijual. Sebagian besar konsumen akan bertanya detail tentang produk yang akan dibeli, mulai dari spesifikasi, keunggulan produk, cara pemakaian dan sebagainya. Disinilah peran kamu sebagai penjual untuk meyakinkan pembeli akan produk yang akan dibeli tersebut. Jika kamu tidak bisa menguasai keunggulan suatu produk, kemungkinan kamu kehilangan konsumen akan sangat besar.

 

Yang memiliki keuntungan besar

Siapa yang tidak mau untung besar?Di Alfamind, kamu dapat melihat besarnya keuntungan yang didapat jika kamu berhasil menjual suatu produk. Nah, ini bisa menjadi motivasi kamu untuk lebih fokus ke produk-produk yang memiliki margin keuntungan yang besar. Tapi tetap ingat, product knowledge merupakan hal yang sangat penting untuk beberapa produk.

 

Yang sedang tren atau dibutuhkan banyak orang

Ini bisa juga dibilang produk musiman, kamu bisa maksimalkan penjualan dengan fokus penawaran produk-produk seperti ini kepada konsumen. Produk tren tidak selalu terikat pada satu brand saja, tapi bisa juga kepada produk yang sejenis atau subtitusi, misal memiliki fungsi atau manfaat yang sama walaupu  merknya beda.

 

Jadi mulai sekarang tidak perlu terlalu bingung lagi jualan produk Alfamind. Mulai, evaluasi dan konsisten adalah kata kunci dari berkembangnya suatu usaha. Selamat pagi Sobat

Download Aplikasi Alfamind di
Ikuti Kami di
Tentang Alfamind
Menjadi Store Owner
Berita & Acara
Menjadi Supplier
Sitemap
© 2020. Alfamind. All Rights Reserved